Masyarakat Desa Kuanyar Merasakan Manfaat Bansos PKH dan BPNT

  • May 17, 2023
  • Eko Setiawan
  • BERITA

Kuanyar 17 Mei 2023 - Desa Kuanyar telah melaksanakan penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) Triwulan II (April-Juni 2023). Penyaluran ini dilakukan di Balaidesa Kuanyar pada tanggal 16 Mei 2023, dimulai pukul 09.00 WIB. Petugas penyalur bansos terdiri dari 3 Orang Juru Bayar dari Kantor Pos yang dibantu oleh Perangkat Desa.

Sebelum acara penyaluran, Kantor POS telah mengirimkan surat undangan kepada penerima bansos. Undangan tersebut diterima oleh  Khomsatun, petinggi desa Kuanyar di rumahnya pada hari Kamis, tanggal 11 Mei 2023. Undangan BPNT dibagikan oleh perangkat desa, sedangkan undangan PKH didistribusikan oleh Ketua PKH.

Dari total 518 Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bansos di Kuanyar, ada sebanyak 508 undangan untuk KPM dikirimkan Kantor POS. Sisanya akan segera disusulkan Sekitar 1-2 Minggu lagi. Bantuan yang disalurkan meliputi BPNT dengan nominal sebesar Rp 600.000 untuk setiap KPM, sementara bantuan PKH nominalnys bervariasi, mulai dari Rp 225.000 hingga Rp 2.400.000, tergantung pada kebutuhan dan kondisi setiap keluarga.

Antusiasme warga desa sangat tinggi, terbukti dengan kehadiran mereka di Balai Desa sejak pukul 06.00 WIB. Pada pukul 07.00, Balai Desa sudah dipadati oleh warga yang ingin mengambil bansos. Petugas pengirim uang tiba pada pukul 08.45 dan proses pembagian bansos dimulai tepat pukul 09.00.

Sepanjang hari, masyarakat secara bergantian mengambil bantuan yang telah mereka dapatkan. Namun, pada pukul 12.00 siang, terlihat penurunan jumlah warga yang datang ke Balai Desa. Mengantisipasi situasi ini, satu orang juru bayar ditugaskan untuk menyalurkan bantuan langsung ke rumah KPM lansia dan warga dengan disabilitas yang tidak dapat hadir di acara penyaluran. Pada pukul 14.00, tidak ada lagi KPM yang datang ke Balai Desa.

Meskipun mayoritas warga telah berhasil mengambil bantuan, terdapat 14 orang KPM yang belum mengambil bansos. Beberapa di antaranya adalah lansia yang mungkin memiliki keterbatasan mobilitas, sementara yang lainnya adalah warga yang ingin mengambil bantuan secara langsung di Kantor POS Mayong.