Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDesa Pemdes Kuanyar TA 2022

  • Jul 06, 2023
  • Eko Setiawan
  • BERITA, DANA DESA, PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN

Desa Kuanyar berhasil mengelola APBDesa tahun 2022 dengan baik, menunjukkan komitmen dan transparansi pemerintah desa dalam mengelola anggaran demi kesejahteraan masyarakat dan pembangunan desa yang berkelanjutan.

Pendapatan Desa Kuanyar tahun 2022 mencapai Rp 2.480.407.382,00, melebihi target anggaran. Pendapatan ini berasal dari Pendapatan Asli Desa, Dana Desa, Bagi Hasil Pajak dan Retribusi, Alokasi Dana Desa, dan bantuan keuangan dari provinsi dan kabupaten/kota. Keberhasilan ini menunjukkan upaya pemerintah desa dalam memaksimalkan potensi sumber daya yang ada.

Anggaran pendapatan digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Kuanyar, termasuk penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, dan penanggulangan bencana. Anggaran belanja Desa Kuanyar mencapai Rp 2.488.794.630,00, dengan memastikan penggunaan yang tepat dan bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, pembiayaan dari SILPA tahun 2021 sebesar Rp 21.010.516,00 digunakan untuk melengkapi kebutuhan anggaran yang belum tercukupi, memastikan kelancaran program pembangunan dan pelayanan publik.

Partisipasi aktif masyarakat menjadi faktor penting dalam keberhasilan pengelolaan APBDesa. Melibatkan masyarakat dalam pengambilan keputusan memastikan kebijakan yang mencerminkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Partisipasi masyarakat juga kunci dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan di tingkat desa.

Dengan hasil positif ini, Desa Kuanyar berusaha mengelola anggaran secara efektif dan transparan. Keterlibatan aktif masyarakat akan menjadi dasar pembangunan desa yang berkelanjutan, menciptakan kondisi lebih baik bagi masyarakat setempat. Melalui penggunaan dana yang tepat sasaran, Desa Kuanyar dapat terus maju dan memberikan dampak positif bagi masyarakatnya.